separate
BISMA TIDAK PERNAH MATI That's simple blog about my school named BISMA
banner ad
logo

Rabu, 15 Agustus 2012

Padma Maharany

MOS SMA 2 Tabanan 2012



Acara rutin yang digelar setiap sekolah SMA pada umumnya pada awal tahun ajaran baru adalah melaksanakan Masa Orientasi Siswa baru yang dikenal dengan MOS. MOS di SMA Negeri 2 Tabanan dilaksanakan secara perdana mulai pada Hari Senin tanggal 16 Agustus 2012 sampai dengan Hari Rabu tanggal 18 Juli 2012 sesuai dengan kalender pendidikan yang diterbitkan oleh Dinas pendidikan Propinsi Bali. Namun sebelumnya telah dilaksanakan selama satu hari pra-MOS pada hari Sabtu tanggal 14 Juli 2012 untuk persiapan pelaksanaan MOS secara perdana.
MOS di SMA Negeri 2 Tabanan dilaksanakan dalam dua sesi yang utama, yaitu sesi lapangan dan sesi kelas. Di lapangan siswa dilatih secara fisik terkait dengan peraturan baris berbaris atau dikenal dengan istilah PBB. Pelatih dalam PBB ini adalah siswa kelas XI dan Kelas XII yang tergabung dalam patroli keamanan sekolah atau PKS. Juga dari TNI yang berasal dari koramil terdekat melatih siswa mengenai tata upacara sipil (TUS). Pelaksanaan PBB dilaksanakan pada pagi hari setelah sena pagi dan sore hari.
Acara kelas dilaksanakan dalam Aula SMA Negeri 2 Tabanan yang terletak di lantai 2 di atas ruang guru. Dalam acara peserta MOS diberikan materi-materi praktis terkait dengan wawasan wiata mandala SMA Negeri 2 Tabanan. Antara lain pengenalan Kurikulum SMA Negeri 2 Tabanan yang disajikan oleh Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum bapak Drs. I Wayan Sumertha, M.Pd. Penanaman disiplin dan tata tertib bagi siswa SMA Negeri 2 Tabanan disajikan oleh bapak Drs. I Wayan Sadgunayasa, M.Pd. wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Pengenalan lingkungan sekolah oleh bapak Drs. Anak Agung Panca Putra, wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana. Serta beberapa materi lain yang menunjang dalam pelaksanaan MOS.
Sedari tiga tahun yang lalu pelaksanaan MOS di SMA Negeri 2 Tabanan berlangsung dengan menggembirakan. Karena acara MOS tidak lagi menggunakan sistem pelonco yang menggunakan hukuman fisik dan kekerasan. Namun MOS disajikan dalam suasana yang penih kegembiraan dan kedisiplinan. Adalah Agus Wahyu yang sempat ditanyai mengenai kesannya dalam mengikuti acara MOS ini, dia mengatakan sangat senang mengikuti MOS selama tiga hari ini. Karena disela waktu luang dan istirahat kakak-kakak kelasnya selalu menghangatkan suasana dengan permainan yang menyenangkan.
Hal lain yang rutin juga dilaksanakan adalah semua peserta MOS diminta membawa Mie Istan, Buku Tulis, beras. Semua benda ini dikumpulkan untuk disumbangkan ke panti asuhan dan akan diwakili oleh beberapa siswa peserta MOS beserta pengurus osis SMA Negeri 2 Tabanan. Pelaksanaan MOS kali ini ditutup dengan melaksanakan persembahyangan dan bakti sosial di Pura Puncak Manggu, Pelaga, Petang.

* HAnya ingin mengshAre,.. courtesy : Website BISMA and World of Padma

0 komentar:

Posting Komentar

logo
Copyright © 2012 BISMA BISMA and BISMA.
Blogger Template by Clairvo